Translate

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

      Sudah tidak dapat disangkal lagi, internet perlahan tapi pasti menjadi kebutuhan pokok umat manusia. Selayaknya listrik, internet seakan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia. Contohnya saja mesin ATM. Mesin ATM yang biasa dugunakan untuk menarik uang dari tabungan, mentransfer uang ke rekening lain, dan lain hal ini menggunakan internet sebagai penghubung antara mesin ATM dengan database bank yang bersangkutan.
       Bahkan transaksi jual beli pun tidak perlu langsung tatap muka atau datang ke toko langsung. Dengan sistem yang dikenal dengan sebutan E-Commerce.
        Menurut Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005) menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial.
      Namun sangat jarang orang di Indonesia menggunakan istilah tersebut, orang Indonesia sering menggunakan istilah jual beli online. Sekarang, sangat banyak situs yang difungsikan sebagai situs jual beli online atau E-Commerce. Kebanyakan diantara siitus-situs tersebut berjenis C2C ( Consumer to Consumer) atau dalam bahasa Indonesia adalah konsumen ke konsumen. Artinya konsumen dalam hal ini adalah individu yang bertujuan tidak untuk berbisnis, melainkan hanya untuk menjual satu atau dua barang. Untuk lebih jelasnya, akan saya uraikan beberapa jenis E-Commerce.
        Berikut adalah beberapa jenis E-Commerce :
  • C2C (Consumer to Consumer)
         C2C merupakan transaksi jual beli antara satu individu dengan individu lainnya. Akhir-akhir ini mulai menjamur berbagai situs yang menyediakan layanan E-Commerce jenis ini. Misalnya saja tokobagus.com , berniaga.com dan yang sudah banyak orang guunakan adalah kaskus.com. Dengan layanan ini setiap individu bebas menjual barang miliknya, bisa saja barang baru atau barang lama yang sudah tidak terpakai lagi. Pembelinya juga merupakan individu, pembeli bebas bertransaksi dengan individu lain yang menjual barang tertentu yang ingin ia beli. Sehingga setiap individu bisa dengan leluasa  mengeksplor segala barang yang ingin dibelinya berdasarkan kualitas hingga harga yang ditawarkan.
Berikut adalah tahap-tahap transaksi e-commerce

  • B2C (Business to Consumer)
       B2C merupakan singkatan dari Business to Consumer yang berarti transaksi antara sebuah perusahaan kepada konsumen. E-Commerce jenis ini merupakan marketing strategy yang dilakukan guna mempermudah konsumen untuk melihat-lihat bahkan membeli produk yang ditawarkan. Situs dengan E-Commerce jenis ini juga sudah banyak keberadaannya. Sebagai contoh bhinneka.com. Situs ini merupakan salah satu contoh transaksi B2C. Dewasa ini sudah banyak layanan penjualan online dari suatu perusahaan ke koonsumer. Sehingga target penjualan perusahaan tersebut bisa terpenuhi.
Tampilan Bhinneka.com
  •  B2B (Business to Business)
      B2B merupakan singkatan  dari Business to Business yang berarti transaksi antara sebuah perussahaan dengan perusahaab lainnya. Biasanya, perusahaan yang mengorder suatu barang dari perusahaan penjual merupakan retail. Retail adalah menjual kembali. Perusahaan seperti ini biasanya membeli barang secara grosiran dan menjualnya kembali kepada konsumen secara satuan dengan harga yang dinaikan.

       E-Commerce mulai berkembang di Indonesia sejak 1996, yang ditandai dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi. Selanjutnya muncul sebuah mall online yang disebut D-Mall yang telah menampung 33 toko online. Di jaman globalisasi ini, e-commerce tidak lepas dari yang namanya internet. Pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta pengguna atau sekitar 24,23% dari jumlah penduduk Indonesia. Ini menandakan pasar indonesia masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, tingkat kejahatan di Indonesia cukup tinggi, sehingga penggunaan e-commerce masih jarang digunakan.



referensi:
http://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/
http://ecomm.lecture.ub.ac.id/perkembangan-e-commerce-di-dunia/
http://blkaddicted.blogspot.com/2012/10/jenis-jenis-e-commerce-mekanisme-e.html
http://inet.detik.com/read/2012/12/12/170223/2116808/398/ini-potret-pengguna-internet-indonesia
http://ismailsyafuan31.blogspot.com/2012/10/makalah-perkembangan-e-commerce-di.html

No comments:

Post a Comment